Arab Saudi Akan Memblokir Whatsapp


DUBAI, muslimpos.com - Whatsapp, aplikasi yang menyediakan layanan mengirim pesan teks, suara dan gambar melalui jaringan 3G atau WiFi, akan dilarang digunakan di Arab Saudi dalam beberapa pekan kedepan, lapor sebuah harian Saudi.

Koran Al Eqtisadiya pada Selasa (11/06) kemarin melaporkan bahwa perusahaan Whatsapp di Amerika itu menolak tuntutan peraturan setempat dari pemerintah Saudi.

Menurut koran itu komunikasi antara pemerintah Saudi dan perusahaan pemilik aplikasi Whatsapp awalnya berjalan positif, tapi kemudian pemerintah Saudi memberikan sejumlah peraturan yang tidak bisa dipenuhi perusahaan itu, sehingga aplikasi Whatsapp akan diblokir di Arab Saudi.

Sebelumnya, pada pekan lalu, pemerintah Saudi juga sudah melarang aplikasi Viber, sebuah aplikasi pesan gratis melalui internet dengan alasan yang sama, yakni tidak mau mematuhi peraturan negara.

Namun pada hari Senin kemarin, aplikasi tersebut dilaporkan bisa digunakan kembali untuk mengirim maupun menerima pesan.

Viber sangat populer di kalangan jutaan ekspatriat yang tinggal di negara itu dan diantara warga Saudi yang sedang menempuh pendidikan di luar negeri, karena aplikasi ini memudahkan mereka berkomunikasi dengan keluarganya dari jarak jauh dan gratis. [zak]